IS - 02 |
SEKOLAH : SDN Purworejo
ALAMAT : Jln. Raya Ds. Socorejo Kec. Jenu
TELPON : (0356) 491029
HARI/TANGGAL : Kamis, 2 November 2011
MATERI PEMBINAAN : STANDAR PROSES
NO | KOMPONEN PEMBINAAN STANDAR PROSES | ada/ tdk ada | SKOR PEROLEHAN | JML SKOR | |||
4 | 3 | 2 | 1 | ||||
1. | Penyusunan Program | | | | | | |
| 1.1. Pembuatan program tahunan dan semester untuk semua mata pelajaran (11 mapel) Skor 4 jika 100% Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51 % | | | | | | |
| 1.2. Pengembangan silabus untuk semua mata pelajaran (11 mapel) Skor 4 jika 100% Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51 % | | | | | | |
| 1.1. Pengembangan sistem penilaian semua mata pelajaran Skor 4 jika 100% Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51 % | | | | | | |
| 1.4. Pembuatan / Dokumentasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk semua mata pelajaran Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51 % | | | | | | |
| 1.5. Jumlah referensi tiap mata pelajaran yang dimiliki oleh Guru, selain buku paket rekomendasi BSNP untuk siswa Skor 4 jika > 3 buku Skor 3 jika 3 buku Skor 2 jika 2 buku Skor 1 jika < 2 buku | | | | | | |
| 1.6. Jumlah referensi tiap mata pelajaran yang dimiliki oleh Guru, selain buku paket untuk pengembangan penilaian Skor 4 jika > 3 buku Skor 3 jika 3 buku Skor 2 jika 2 buku Skor 1 jika <2 buku | | | | | | |
| 1.7. Jumlah buku pegangan guru untuk pengembangan RPP Skor 4 jika > 3 buku Skor 3 jika 3 buku Skor 2 jika 2 buku Skor 1 jika <2 buku | | | | | | |
| 1.8. Siswa mendapat LKS untuk setiap mata pelajaran yang diikuti Skor 4 jika Selalu Skor 3 jika Sering Skor 2 jika Kadang-kadang Skor 1 jika Tidak pernah | | | | | | |
| 1.9. Siswa mendapat Buku paket untuk setiap mata pelajaran yang diikuti Skor 4 jika Selalu Skor 3 jika Sering Skor 2 jika Kadang-kadang Skor 1 jika Tidak pernah | | | | | | |
| 1.10.Setiap siswa memiliki buku referensi untuk setiap mata pelajaran diluar buku paket Skor 4 jika > 3 buku Skor 3 jika 3 buku Skor 2 jika 2 buku Skor 1 jika <2 buku | | | | | | |
2. | Kehadiran guru dalam mengajar Skor 4 jika 96 – 100 % Skor 3 jika 90 – 95 % Skor 2 jika 85 – 89 % Skor 1 jika < 85 % | | | | | | |
3. | Kehadiran Siswa dalam 1 semester Skor 4 jika 96 – 100 % Skor 3 jika 90 – 95 % Skor 2 jika 85 – 89 % Skor 1 jika < 85% | | | | | | |
4. | Pengaturan Pengelolaan kelas untuk proses Pembelajaran Skor 4 jika di dalam dan diluar kelas diatur sesuai kebutuhan Skor 3 jika di dalam kelas diatur sesuai kebutuhan Skor 2 jika di dalam kelas dengan tempat duduk berubah Skor 1 jika di dalam kelas dengan tempat duduk tetap | | | | | | |
5. | Penggunaan alat peraga / media belajar untuk KD yang sesuai Skor 4 jika Selalu Skor 3 jika Sering Skor 2 jika Kadang-kadang Skor 1 jika tidak pernah | | | | | | |
6. | Guru menggunakan prinsip belajar tuntas (survey 5 guru) Skor 4 jika > 80 % Skor 3 jika 70 – 79 % Skor 2 jika 60- 69 % Skor 1 jika < 60% | | | | | | |
7. | Variasi penggunaan strategi pembelajaran di kelas Skor 4 jika Sangat variatif Skor 3 jika Variatif Skor 2 cukup Variatif Skor 1 jika kurang Variatif | | | | | | |
8. | Antusias siswa dalam pembelajaran Skor 4 jika Sangat Antusias Skor 3 jika Antusias Skor 2 jika cukup Antusias Skor 1 jika kurang Antusias | | | | | | |
9. | Pengembangan strategi pembelajaran di kelas Skor 4 jika Sangat Variatif Skor 3 jika Variatif Skor 2 jika cukupVariatif Skor 1 jika kurang Variatif | | | | | | |
10. | Penggunaan multimedia Skor 4 jika Selalu Skor 3 jika Sering Skor 2 jika Kadang-Kadang Skor 1 jika tidak pernah | | | | | | |
11. | Penggunaan media elektronik dalam mengajar Skor 4 jika Selalu Skor 3 jika Sering Skor 2 jika Kadang-Kadang Skor 1 jika tidak pernah | | | | | | |
12. | Jumlah guru yang telah mengembangkan program CTL Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
13. | Jumlah guru yang menerapkan pembelajaran CTL dengan benar Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
14. | Bahan ajar Skor 4 Jika Semua guru memiliki bahan ajar seperti LKS, modul, job sheet Skor 3 Jika 60% - 80% guru memiliki bahan ajar seperti LKS, modul, job sheet Skor 2 Jika 40% - 60% guru memiliki bahan ajar seperti LKS, modul, job sheet Skor 1 Jika 25% - 40% guru memiliki bahan ajar seperti LKS, modul, job sheet | | | | | | |
15. | Pelaksanaan Proses Pembelajaran Skor 4 Jika tiap guru memiliki program tahunan, program semester, bahan ajar, perangkat evaluasi, silabus dan RPP Skor 3 Jika tiap guru memiliki program tahunan, program semester, bahan ajar, perangkat evaluasi, silabus Skor 2 Jika guru memiliki program tahunan, program semester, bahan ajar, perangkat evaluasi Skor 1 Jika guru memiliki , program semester, bahan ajar | | | | | | |
16. | Jadwal dan Pelaksanan Pemanfaatan Laboratorium / bengkel kerja: (1) Ada jadwal penggunaan Laboratotium . (2) Ada struktur organisasi jobdiscription. (3) Ada Penanggung jawab. (4) Ada Tatib. (5) Ada pedoman pemanfaatan Lab. (6) Ada data Inventarisasi barang. (7) Ada pelaporan kegiatan. Skor 4 jika semua aspek terpenuhi Skor 3 Jika 5 aspek terpenuhi. Skor 2 jika 3 aspek terpenuhi Skor 1 jika 2 aspek terpenuhi | | | | | | |
17. | Jadwal dan Pelaksanan Pemanfaatan Laboratorium Komputer : (1) Ada jadwal penggunaan Laboratotium . (2) Ada struktur organisasi jobdiscription. (3) Ada Penanggung jawab. (4) Ada Tatib. (5) Ada pedoman pemanfaatan Lab. (6) Ada data Inventarisasi barang. (7) Ada pelaporan kegiatan. Skor 4 jika semua aspek terpenuhi Skor 3 Jika 5 aspek terpenuhi. Skor 2 jika 3 aspek terpenuhi Skor 1 jika 2 aspek terpenuhi | | | | | | |
18. | Jadwal dan Pelaksanan Pemanfaatan Media Pembelajaran: (1) Ada jadwal penggunaan. (2) Ada struktur organisasi jobdiscription. (3) Ada Penanggung jawab. (4) Ada Tatib. (5) Ada pedoman pemanfaatan (6) Ada data Inventarisasi barang. (7) Ada pelaporan kegiatan. Skor 4 jika semua aspek terpenuhi Skor 3 Jika 5 aspek terpenuhi. Skor 2 jika 3 aspek terpenuhi Skor 1 jika 2 aspek terpenuhi | | | | | | |
19. | Pemanfaatan Perpustakaan: Skor 4 Memiliki jadwal pelayanan perpustakaan secara lengkap yang disyahkan kepala sekolah yang meliputi pelayanan 6 hari penuh, jadwal berkunjung, jadwal peminjaman, jadwal pengembalian (4 aspek) Skor 3 Memilki jawal pelayanan yang meliputi 3 aspek Skor 2 Memilki jawal pelayanan yang meliputi 2aspek Skor 1 Memilki jawal pelayanan yang meliputi 1 aspek | | | | | | |
20. | Pelaksanaan Penilaian Skor 4 Memiliki seluruh komponen pelaksanaan penilaian secara lengkap (Kisi-2 soal, kartu soal dan soal, kuci jawaban dan pedoman peniaian, analisa hasil belajar dan remidi, daftar nilai) – 5 Aspek Skor 3 Memiliki komponen pelaksanaan penilaian (4 aspek) Skor 2 Memiliki komponen pelaksanaan penilaian (3 aspek) Skor 1 Memiliki komponen pelaksanaan penilaian (2 aspek) | | | | | | |
21. | Pelaksanaan Supervisi Kelas Skor 4 80% - 100% guru disupervisi kelas Skor 3 60% -79% guru disupervisi kelas Skor 2 40% - 59% guru disupervisi kelas Skor 1 25% - 39% guru disupervisi kelas | | | | | | |
21. | Silabus 21.1. Silabus yang disusun memuat komponen: (1) identitas pelajaran, (2) SK-KD, (3) Indikator pencapaian kompetensi, (4) alokasi waktu, (5)materi pembelajaran, (6)kegiatan pembelajaran, (7) penilaian dan (8)sumber belajar Skor 4 jika 7 – 8 aspek terpenuhi Skor 3 jika 5 – 6 aspek terpenuhi Skor 2 jika 3 - 5 aspek terpenuhi Skor 1 jika 1 – 2 aspek terpenuhi | | | | | | |
| 21.2. Guru dapat menunjukan bahwa silabus yang dibuat sudah mengacu pada SI dan SKL serta panduan penyusunan KTSP Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
22. | Penggunaan Media dan Alat Bantu Pembelajaran: Guru menggunakan media, alat peraga, dan/atau alat bantu lainnya dalam pembelajaran di kelas. Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
23. | Penelitian Tindakan Kelas Guru melakukan penelitian untuk memperbaiki pembelajaran (penelitian tindakan). Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
24. | Untuk meningkatkan efektivitas belajar, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas pada mata pelajaran tertentu. Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
25. | Guru memiliki catatan mengenai kebaikan dan kelemahan pembelajaran yang dilakukan untuk seluruh kompetensi dasar: Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
26. | RPP | | | | | | |
| 26.1 Identitas mata pelajaran sekurang- kurangnya meliputi: - Satuan pendidikan, - kelas, - semester, - program/program keahlian, - mata pelajaran/tema pelajaran, - jumlah pertemuan - tujuan pembelajaran sesuai KD Skor 4 jika 7 aspek terpenuhi Skor 3 jika 5 – 6 aspek terpenuhi Skor 2 jika 3 - 5 aspek terpenuhi Skor 1 jika 1 – 2 aspek terpenuhi | | | | | | |
| 26.1. Rincian materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan serta ditulis dalam bentuk butir- butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| 26.3 Guru mengembangkan RPP untuk setiap mata pelajaran memuat Satuan pendidikan, kelas, semester, program/program keahlian, mata pelajaran/tema pelajaran, jumlah pertemuan, tujuan pembelajaran sesuai KD Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| 26.4. Guru mengembangkan materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan serta ditulis dalam bentuk butir- butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| 26.5 Guru mengembangkan RPP untuk setiap mata pelajaran memuat indikator kompetensi, alokasi waktunya tepat, memuat kemampuan awal siswa, dan memuat karakteristik siswa. Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| 26.6. Guru mengembangkan RPP untuk setiap mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran yang terdiri atas: pendahuluan, kegiatan inti, penutup Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| 26.7. Guru mengembangkan RPP untuk setiap mata pelajaran memuat media dan alat pembelajaran, prosedur dan instrumen penilaian, bahan ajar, dan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan RPP Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
27. | Pelaksanaaan Pembelajaran | | | | | | |
| 27.1. Jumlah maksimal peserta didik setiap rombel adalah : SD/MI = 28 Psd Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| 27.2. Rasio maksimal jumlah peserta didik setiap pendidik SD/MI = 21 : 1 Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
28. | Manajemen Kelas 28.1. Satuan beban tugas pendidik dalam ekuivalen waktu mengajar tatap muka 24 jam / minggu. Kegiatan 1 jam tatap muka setara dengan 2 jam praktek, administrsi, dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan disekolah serta 4 jam kegiatan extra kurikuler, praktek industri yang dilaksanakan diluar sekolah Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| 28.2. Menerapkan manajemen kelas dengan pendekatan individual Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
29. | Sumber belajar 29.1. peserta didik menggunakan Buku teks pelajaran yang dipilih oleh pendidik dan satuan pendidik dengan rasio 1:1 permata pelajaran ( satu siswa satu buku ) Skor 4 jika 100 % kelas terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % kelas terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % kelas terpenuhi Skor 1 jika < 51% kelas terpenuhi | | | | | | |
| 29.2. peserta didik menggunakan buku –buku dan sumber belajar lain yang ada diperpustakaan Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| 29.3 Pendidik menggunakan buku panduan pendidik, buku pengayaan, buku reverensi, sumber belajar lain Skor 4 jika 100 % Skor 3 jika 75 – 99 % Skor 2 jika 51 – 74 % Skor 1 jika < 51% | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
30. | Kegiatan pembelajaran: | | | | | | |
| 30.1. Dalamn kegiatan pendahuluan, guru selalu melakukan salah satu dari kegiatan ini: Ø Memberi salam, Ø mengkondisikan kesiapan peserta didik, Ø apersepsi, Ø menjelaskan tujuan pembelajaran, Ø menjelaskan kompetensi yang akan dicapai, Ø penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan berdasarkan silabus Skor 4 jika 100 % terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi Skor 1 jika < 51% terpenuhi | | | | | | |
| 30.2. Dalamn kegiatan inti, Guru selalu melakukan salah satu dari kegiatan ini: Ø Melakukan proses ekplorasi, Ø elaborasi, Ø konfirmasi dengan menggunakan metode yang sesuai dengan karakterisktik peserta didik dan mata pelajaran Skor 4 jika 100 % terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi Skor 1 jika < 51% terpenuhi | | | | | | |
| 30.3. Dalamn kegiatan penutup, Guru selalu melakukan salah satu dari kegiatan ini: Ø Melakukan konsolidasi, Ø umpan balik, Ø membuat rangkuman, Ø melakukan refleksi kegiatan yang telah dilaksanakan Ø melakukan kegiatan tindak lanjut melalui remedial dan program pengayaan Ø menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya Skor 4 jika 100 % terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi Skor 1 jika < 51% terpenuhi | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
31. | Penilaian Hasil Pembelajaran | | | | | | |
| 31.1. Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung Skor 4 jika 100 % terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi Skor 1 jika < 51% terpenuhi | | | | | | |
| 31.2. Setiap akhir pertemuan untuk digunakan perbaikan pembelajaran berikutnya berdasarkan standar penilaian pendidikan Skor 4 jika 100 % terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi Skor 1 jika < 51% terpenuhi | | | | | | |
| 31.3. Guru pada saat melakukan penilaian menggunakan standar penilaian pendidikan Skor 4 jika 100 % terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi Skor 1 jika < 51% terpenuhi | | | | | | |
| Jumlah | | | | | | |
32. | Pengawasan proses pembelajaran | | | | | | |
| 1. Pemantauan 32.1. Pemantauan dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran dengan cara : diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi oleh kepala sekolah dan pengawas: Skor 4 jika dengan 7 – 8 cara Skor 3 jika dengan 5 – 6 cara Skor 2 jika dengan 3– 4 cara Skor 1 jika dengan 1 – 2 cara | | | | | | |
| 2. Supervisi 32.2. Supervisi pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran dengan cara : pemberian contoh, diskusi, latihan dan konsultasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas Skor 4 jika dengan 4 cara Skor 3 jika dengan 3 cara Skor 2 jika dengan 2 cara Skor 1 jika dengan 1 cara | | | | | | |
| 3. Evaluasi 32.3. Evaluasi pada tahap perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran dengan cara membandingkan proses pembelajaran dengan standar proses serta mengidentifikasi kinerja pendidik dalam proses pembelajaran sesuai kompetensi pendidik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dan atau pengawas Skor 4 jika 100 % terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi Skor 1 jika < 51% terpenuhi | | | | | | |
| 4. Pelaporan 32.4. Hasil kegiatan pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses pembelajaran dilaporkan pada pemangku kepentingan Skor 4 jika 100 % terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi Skor 1 jika < 51% terpenuhi | | | | | | |
| 5. Tindak Lanjut 32.5. Bagi pendidik yang telah memenuhi standar diberikan Penguatan, dan penghargaan, pendidik yang belum memenuhi standar diberikan teguran, pendidik diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan / penataran lebih lanjut Skor 4 jika 100 % terpenuhi Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi Skor 1 jika < 51% terpenuhi | | | | | | |
| Jumlah Skor | | | | | | |
| NILAI AKHIR/ SPESIFIKASI | | | |
Kesimpulan : .....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
Saran-saran : .....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
Mengetahui: Pengawas TK/SD Kecamatan Jenu Drs. H. ABDUL MADJID NIP. 19520112 197403 1 006 | Jenu, 2 November 2011 Kepala SDN Purworejo Kecamatan Jenu Drs. SUGENG TA. NIP. 19561202 197807 1 001 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar