Kamis, 10 November 2011

INTRUMEN SUPERVISI STANDAR PROSES

IS - 02
INSTRUMEN SUPERVISI
                                                                                                                                        
SEKOLAH                       :  SDN Purworejo                                                             
ALAMAT                          :  Jln. Raya Ds. Socorejo  Kec. Jenu                                     
TELPON                          :  (0356) 491029                                                                 
HARI/TANGGAL            :  Kamis, 2 November 2011                                              
MATERI PEMBINAAN : STANDAR PROSES

NO
KOMPONEN PEMBINAAN STANDAR PROSES
ada/
tdk ada
SKOR PEROLEHAN
JML SKOR
4
3
2
1
1.
Penyusunan Program







1.1. Pembuatan program tahunan dan semester untuk  semua mata pelajaran (11 mapel)
Skor 4   jika  100%
Skor 3   jika 75 – 99 %
Skor 2   jika 51 – 74 %
Skor 1   jika  < 51 %







1.2. Pengembangan silabus untuk semua  mata pelajaran (11 mapel)
Skor 4   jika 100%
Skor 3   jika 75 – 99 %
Skor 2   jika 51 – 74 %
Skor 1   jika < 51 %







1.1. Pengembangan sistem penilaian semua
       mata pelajaran
Skor 4   jika 100%
Skor 3   jika 75 – 99 %
Skor 2   jika 51 – 74 %
Skor 1   jika < 51 %







1.4.  Pembuatan / Dokumentasi Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk  semua mata pelajaran
Skor 4   jika        100 %
Skor 3   jika 75 – 99 %
Skor 2   jika 51 – 74 %
Skor 1   jika       < 51 %







1.5. Jumlah referensi tiap  mata pelajaran  yang dimiliki oleh Guru,  selain buku paket rekomendasi BSNP untuk siswa
Skor 4   jika    > 3 buku
Skor 3   jika       3 buku
Skor 2   jika       2 buku
Skor 1   jika   <  2 buku







1.6. Jumlah referensi tiap mata pelajaran yang  dimiliki oleh Guru, selain buku paket untuk pengembangan penilaian
Skor 4   jika > 3 buku
Skor 3   jika    3 buku
Skor 2   jika    2 buku
Skor 1   jika  <2 buku







1.7.   Jumlah buku pegangan guru untuk  pengembangan RPP
Skor 4 jika > 3 buku
Skor 3 jika    3 buku
Skor 2 jika    2 buku
Skor 1 jika  <2 buku







1.8.    Siswa mendapat LKS untuk setiap mata
        pelajaran yang diikuti 
Skor 4   jika  Selalu
Skor 3   jika Sering
Skor 2   jika Kadang-kadang
Skor 1   jika  Tidak pernah







1.9.  Siswa mendapat Buku paket untuk setiap mata  pelajaran yang diikuti 
Skor 4   jika  Selalu
Skor 3   jika Sering
Skor 2   jika Kadang-kadang
Skor 1   jika  Tidak pernah







1.10.Setiap siswa memiliki buku referensi  untuk setiap mata pelajaran diluar buku paket
Skor 4   jika > 3 buku
Skor 3   jika    3 buku
Skor 2   jika    2 buku
Skor 1   jika  <2 buku






2.
Kehadiran guru dalam mengajar
Skor 4 jika 96 – 100 %
Skor 3 jika 90 – 95 %
Skor 2 jika 85 – 89 %
Skor 1 jika < 85 %






3.
Kehadiran Siswa dalam 1 semester
Skor 4 jika 96 – 100 %
Skor 3 jika 90 – 95 %
Skor 2 jika 85 – 89 %
Skor 1 jika < 85%






4.
Pengaturan Pengelolaan kelas untuk proses Pembelajaran
Skor 4 jika di dalam dan diluar kelas diatur   sesuai kebutuhan
Skor 3 jika di dalam kelas diatur sesuai  kebutuhan
Skor 2 jika di dalam kelas dengan tempat  duduk berubah
Skor 1 jika di dalam kelas dengan tempat  duduk tetap






5.
Penggunaan alat peraga / media belajar  untuk KD yang sesuai
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-kadang
Skor 1 jika tidak pernah






6.
Guru menggunakan prinsip belajar tuntas (survey 5 guru)
Skor 4 jika > 80 %
Skor 3 jika 70 – 79 %
Skor 2 jika 60- 69 %
Skor 1 jika < 60%






7.
Variasi penggunaan strategi  pembelajaran di  kelas
Skor 4 jika Sangat variatif
Skor 3 jika Variatif
Skor 2 cukup  Variatif
Skor 1 jika kurang Variatif






8.
 Antusias siswa dalam pembelajaran
Skor 4 jika Sangat Antusias
Skor 3 jika Antusias
Skor 2 jika cukup Antusias
Skor 1 jika kurang Antusias






9.
 Pengembangan strategi pembelajaran  di kelas
Skor 4 jika Sangat Variatif
Skor 3 jika Variatif
Skor 2 jika cukupVariatif
Skor 1 jika kurang Variatif






10.
 Penggunaan multimedia
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-Kadang
Skor 1 jika tidak pernah






11.
Penggunaan media elektronik dalam  mengajar
Skor 4 jika Selalu
Skor 3 jika Sering
Skor 2 jika Kadang-Kadang
Skor 1 jika tidak pernah






12.
Jumlah guru yang telah mengembangkan   program CTL
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%






13.
Jumlah guru yang menerapkan  pembelajaran CTL dengan benar
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%






14.
Bahan ajar
Skor  4  Jika Semua guru memiliki bahan ajar seperti LKS, modul, job sheet
Skor  3  Jika 60% - 80% guru memiliki bahan ajar seperti LKS, modul, job sheet
Skor  2  Jika 40% - 60% guru memiliki bahan ajar seperti LKS, modul, job sheet
Skor  1  Jika 25% - 40% guru memiliki bahan ajar seperti LKS, modul, job sheet






15.
Pelaksanaan Proses Pembelajaran
Skor 4   Jika tiap guru memiliki program tahunan, program semester, bahan ajar, perangkat evaluasi, silabus dan RPP
Skor 3   Jika tiap guru memiliki program tahunan, program semester, bahan ajar, perangkat evaluasi, silabus
Skor 2   Jika guru memiliki program tahunan, program semester, bahan ajar, perangkat evaluasi
Skor  1  Jika guru memiliki , program semester, bahan ajar






16.
Jadwal dan Pelaksanan  Pemanfaatan Laboratorium / bengkel kerja: (1) Ada jadwal penggunaan Laboratotium . (2) Ada struktur organisasi jobdiscription. (3) Ada Penanggung jawab. (4) Ada Tatib. (5) Ada pedoman pemanfaatan Lab. (6) Ada data Inventarisasi barang. (7) Ada pelaporan kegiatan.
Skor  4   jika semua aspek terpenuhi
Skor  3   Jika  5 aspek   terpenuhi.
Skor  2   jika 3 aspek terpenuhi
Skor  1   jika  2 aspek  terpenuhi






17.
Jadwal dan Pelaksanan  Pemanfaatan Laboratorium  Komputer : (1) Ada jadwal penggunaan Laboratotium . (2) Ada struktur organisasi jobdiscription. (3) Ada Penanggung jawab. (4) Ada Tatib. (5) Ada pedoman pemanfaatan Lab. (6) Ada data Inventarisasi barang. (7) Ada pelaporan kegiatan.
Skor  4   jika semua aspek terpenuhi
Skor  3   Jika  5 aspek   terpenuhi.
Skor  2   jika 3 aspek terpenuhi
Skor  1   jika  2 aspek  terpenuhi






18.
Jadwal dan Pelaksanan  Pemanfaatan  Media Pembelajaran: (1) Ada jadwal penggunaan. (2) Ada struktur organisasi jobdiscription. (3) Ada Penanggung jawab. (4) Ada Tatib. (5) Ada pedoman pemanfaatan  (6) Ada data Inventarisasi barang. (7) Ada pelaporan kegiatan.
Skor  4   jika semua aspek terpenuhi
Skor  3   Jika  5 aspek   terpenuhi.
Skor  2   jika 3 aspek terpenuhi
Skor  1   jika  2 aspek  terpenuhi






19.
Pemanfaatan Perpustakaan:
Skor  4   Memiliki jadwal pelayanan perpustakaan secara lengkap yang disyahkan kepala sekolah yang meliputi pelayanan 6 hari penuh, jadwal berkunjung, jadwal peminjaman, jadwal pengembalian (4 aspek)
Skor  3   Memilki jawal pelayanan yang
              meliputi 3 aspek
Skor  2   Memilki jawal pelayanan yang
               meliputi 2aspek
Skor  1   Memilki jawal pelayanan yang
              meliputi 1 aspek






20.
Pelaksanaan Penilaian
Skor  4   Memiliki seluruh komponen pelaksanaan penilaian secara lengkap (Kisi-2 soal, kartu soal dan soal, kuci jawaban dan pedoman peniaian, analisa hasil belajar dan remidi, daftar nilai) – 5 Aspek
Skor  3   Memiliki komponen pelaksanaan penilaian (4 aspek)
Skor  2   Memiliki komponen pelaksanaan penilaian (3 aspek)
Skor  1   Memiliki komponen pelaksanaan penilaian (2 aspek)






21.
Pelaksanaan Supervisi Kelas
Skor  4   80% - 100% guru disupervisi kelas
Skor  3   60% -79%    guru disupervisi kelas
Skor  2   40% - 59%   guru disupervisi kelas
Skor  1   25% - 39%   guru disupervisi kelas







21.
Silabus
21.1.  Silabus yang disusun memuat komponen: (1) identitas pelajaran, (2) SK-KD, (3) Indikator pencapaian kompetensi, (4) alokasi waktu, (5)materi pembelajaran, (6)kegiatan pembelajaran, (7) penilaian dan (8)sumber belajar
Skor  4   jika  7 – 8 aspek terpenuhi
Skor  3   jika  5 – 6 aspek terpenuhi
Skor  2   jika  3 -  5 aspek terpenuhi
Skor  1   jika  1 – 2 aspek terpenuhi







21.2.  Guru dapat menunjukan bahwa silabus yang dibuat sudah mengacu pada SI dan SKL serta panduan penyusunan KTSP
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







Jumlah






22.
Penggunaan Media  dan Alat Bantu Pembelajaran:
Guru menggunakan media, alat peraga, dan/atau alat bantu lainnya dalam pembelajaran di kelas.
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%






23.
Penelitian Tindakan Kelas
Guru melakukan penelitian untuk memperbaiki pembelajaran (penelitian tindakan).
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%






24.
Untuk meningkatkan efektivitas belajar, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas pada mata pelajaran tertentu.
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%






25.
Guru memiliki catatan mengenai kebaikan dan kelemahan pembelajaran yang dilakukan untuk seluruh kompetensi dasar:
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%






26.
RPP







26.1     Identitas mata pelajaran sekurang-
          kurangnya meliputi:
-       Satuan pendidikan,
-       kelas,
-       semester,
-       program/program keahlian,
-       mata pelajaran/tema pelajaran,
-       jumlah pertemuan
-       tujuan pembelajaran sesuai KD
Skor  4   jika  7        aspek terpenuhi
Skor  3   jika  5 – 6 aspek terpenuhi
Skor  2   jika  3 -  5 aspek terpenuhi
Skor  1   jika  1 – 2 aspek terpenuhi







26.1.    Rincian materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan serta ditulis dalam bentuk butir- butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







26.3      Guru mengembangkan RPP untuk setiap mata pelajaran memuat  Satuan pendidikan,  kelas,  semester, program/program keahlian, mata pelajaran/tema pelajaran, jumlah pertemuan, tujuan pembelajaran sesuai KD
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







26.4.    Guru mengembangkan materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan serta ditulis dalam bentuk butir- butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







26.5   Guru mengembangkan RPP untuk setiap mata pelajaran memuat indikator kompetensi, alokasi waktunya tepat, memuat kemampuan awal siswa, dan memuat karakteristik siswa.
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







26.6.   Guru mengembangkan RPP untuk setiap mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran yang terdiri atas: pendahuluan, kegiatan inti, penutup
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%








26.7.    Guru mengembangkan RPP untuk setiap mata pelajaran memuat media dan alat pembelajaran, prosedur dan instrumen penilaian, bahan ajar, dan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan RPP
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







Jumlah









27.
Pelaksanaaan Pembelajaran







27.1. Jumlah maksimal peserta didik setiap rombel adalah : SD/MI      = 28 Psd
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







27.2. Rasio maksimal jumlah peserta didik setiap pendidik SD/MI       =  21 : 1
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







Jumlah






28.
Manajemen Kelas
28.1.   Satuan beban tugas pendidik dalam ekuivalen waktu mengajar tatap muka 24 jam / minggu. Kegiatan 1 jam tatap muka setara dengan 2 jam praktek, administrsi, dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan disekolah serta 4 jam kegiatan extra kurikuler, praktek industri yang dilaksanakan diluar sekolah
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







28.2.   Menerapkan manajemen kelas dengan pendekatan individual
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







Jumlah






29.
Sumber belajar
29.1.    peserta didik menggunakan Buku teks pelajaran yang dipilih oleh pendidik dan satuan pendidik dengan rasio 1:1 permata pelajaran ( satu siswa satu buku )
Skor 4 jika 100 % kelas terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % kelas terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % kelas terpenuhi
Skor 1 jika < 51% kelas terpenuhi







29.2.    peserta didik menggunakan buku –buku dan sumber belajar lain yang ada diperpustakaan
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%








29.3    Pendidik menggunakan buku panduan pendidik, buku pengayaan, buku reverensi, sumber belajar lain
Skor 4 jika 100 %
Skor 3 jika 75 – 99 %
Skor 2 jika 51 – 74 %
Skor 1 jika < 51%







Jumlah






30.
Kegiatan pembelajaran:







30.1. Dalamn kegiatan pendahuluan, guru selalu melakukan salah satu dari kegiatan ini:
Ø  Memberi salam,
Ø  mengkondisikan kesiapan peserta didik,
Ø  apersepsi,
Ø  menjelaskan tujuan pembelajaran,
Ø  menjelaskan kompetensi yang akan dicapai,
Ø  penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan berdasarkan silabus
Skor 4 jika 100 %  terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi
Skor 1 jika < 51% terpenuhi








30.2.  Dalamn kegiatan inti, Guru selalu melakukan salah satu dari kegiatan ini:
Ø  Melakukan proses ekplorasi,
Ø  elaborasi,
Ø  konfirmasi dengan menggunakan metode yang sesuai dengan karakterisktik peserta didik dan mata pelajaran
Skor 4 jika 100 %  terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi
Skor 1 jika < 51%  terpenuhi







30.3. Dalamn kegiatan penutup, Guru selalu melakukan salah satu dari kegiatan ini:
Ø  Melakukan konsolidasi,
Ø  umpan balik,
Ø  membuat rangkuman,
Ø  melakukan refleksi kegiatan yang telah dilaksanakan
Ø  melakukan kegiatan tindak lanjut melalui remedial dan program pengayaan
Ø  menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya

Skor 4 jika 100 %  terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi
Skor 1 jika < 51%  terpenuhi







Jumlah






31.
Penilaian Hasil Pembelajaran







31.1.   Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung
Skor 4 jika 100 %  terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi
Skor 1 jika < 51%  terpenuhi








31.2.   Setiap akhir pertemuan untuk digunakan perbaikan pembelajaran berikutnya berdasarkan standar penilaian pendidikan
Skor 4 jika 100 %  terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi
Skor 1 jika < 51%  terpenuhi







31.3.   Guru pada saat melakukan penilaian menggunakan standar penilaian pendidikan
Skor 4 jika 100 %  terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi
Skor 1 jika < 51%  terpenuhi







Jumlah






32.
Pengawasan proses pembelajaran







1. Pemantauan
32.1.  Pemantauan dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran dengan cara : diskusi kelompok terfokus, pengamatan, pencatatan, perekaman, wawancara, dan dokumentasi oleh kepala sekolah dan pengawas:

Skor 4 jika  dengan 7 – 8 cara
Skor 3 jika dengan 5 – 6 cara
Skor 2 jika dengan 3– 4 cara
Skor 1 jika dengan 1 – 2 cara








2. Supervisi
32.2. Supervisi pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran dengan cara : pemberian contoh, diskusi, latihan dan konsultasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan  pengawas

Skor 4 jika  dengan 4 cara
Skor 3 jika dengan 3 cara
Skor 2 jika dengan 2 cara
Skor 1 jika dengan 1 cara








3. Evaluasi
32.3. Evaluasi pada tahap perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran dengan cara membandingkan proses pembelajaran dengan standar proses serta mengidentifikasi kinerja pendidik dalam proses pembelajaran sesuai kompetensi pendidik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dan atau pengawas
Skor 4 jika 100 %  terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi
Skor 1 jika < 51%  terpenuhi







4. Pelaporan
32.4. Hasil kegiatan pemantauan, supervisi, dan evaluasi proses pembelajaran dilaporkan pada pemangku kepentingan
Skor 4 jika 100 %  terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi
Skor 1 jika < 51%  terpenuhi








5. Tindak Lanjut
32.5. Bagi pendidik yang telah memenuhi   
          standar diberikan Penguatan, dan    
          penghargaan, pendidik yang belum memenuhi standar diberikan  teguran, pendidik diberi  kesempatan untuk mengikuti pelatihan / penataran lebih lanjut
Skor 4 jika 100 %  terpenuhi
Skor 3 jika 75 – 99 % terpenuhi
Skor 2 jika 51 – 74 % terpenuhi
Skor 1 jika < 51%  terpenuhi









Jumlah Skor







NILAI AKHIR/ SPESIFIKASI












Kesimpulan     : .....................................................................................................................................
 .....................................................................................................................................
 .....................................................................................................................................
 .....................................................................................................................................

Saran-saran      : .....................................................................................................................................
 .....................................................................................................................................
 .....................................................................................................................................

    

Mengetahui:
Pengawas TK/SD Kecamatan Jenu


Drs. H. ABDUL MADJID
NIP. 19520112 197403 1 006
Jenu, 2 November 2011
Kepala SDN Purworejo Kecamatan Jenu



Drs. SUGENG TA.
NIP. 19561202 197807 1 001